Beli Handphone Bekas? Ini 5 Trik yang Bisa Anda Lakukan


Membeli handphone baru untuk menggantikan handphone lama, baik karena rusak atau sebab lainnya, merupakan hal biasa saat ini. Apalagi jika ingin memiliki handphone Vivo Y91C untuk menggantikan smartphone lama Anda. Sebab smartphone satu ini memang layak dimiliki. Spesifikasi mumpuni ditambah harga bersahabat menjadi keunggulan utamanya.

Banyak orang mengharuskan dirinya membeli handphone baru walau dengan cara kredit dengan tujuan menjaga harga diri. Padahal, membeli handphone sebaiknya disesuaikan kemampuan. Apabila budget terbatas belilah handphone kelas mid end atau second.

Membeli Handphone Bekas

Apabila keterbatasan dana menjadikan alasan Anda untuk membeli handphone yang lebih murah atau bekas, tidak perlu malu. Sebab Anda membeli menggunakan uang sendiri dan tidak terlibat hutang karenanya. Namun, hal penting berikut perlu diperhatikan:

1. Mengetahui Apa yang Anda Beli

Inti dari membeli sesuatu adalah Anda tahu apa yang dibeli. Maksudnya adalah Anda mengetahui apa tujuan dari membeli, apakah untuk menunjang pekerjaan, ingin digunakan bermain, atau hanya sekadar ingin saja.

Dengan mengetahui keinginan Anda, maka akan mudah untuk menentukan apa yang akan dibeli. Kemudian dapat menyesuaikan dengan budget, spesifikasi yang dibutuhkan sehingga dapat mempersempit pilihan tipe serta model handphone bekas yang diinginkan.

2. Lakukan Survei Dahulu

Setelah menentukan keinginan dan kebutuhan, Anda akan menemukan beberapa pilihan handphone, Vivo Y91C bisa menjadi salah satu di antaranya. Sebab handphone satu ini memiliki banyak keunggulan, terutama untuk konsumen dengan budget terbatas.

Kemudian, lakukan survei terkait tipe-tipe handphone yang masuk dalam wishlist. Cari tahu informasi harga baru dan bekasnya, lalu bandingkan penawaran dari beberapa toko. Jangan lupa baca review dan testimoni tentang handphone-handphone tersebut.

3. COD Lebih Diutamakan

Jual beli online memang praktis, tapi untuk pembayaran sebaiknya pilih yang COD. Dengan demikian, Anda bisa mengecek terlebih dahulu barang yang dibeli apakah benar-benar sudah sesuai dengan deskripsi penjual atau tidak.

Setelah memastikan barang sesuai dan melakukan pengetesan kondisinya barulah lakukan pembayaran. Ingat, hanya bayar apabila handphone bekas yang didapatkan sesuai spesifikasi penjual. Jika tidak, jangan lakukan penerimaan barang.

4. Periksa Sebelum Membeli

Tidak peduli apakah Anda membeli secara online, offline, COD, atau metode pembelian lainnya, satu hal yang harus selalu dilakukan adalah memeriksa handphone yang dibeli. Walaupun membeli di penjual yang sudah terpercaya, hal ini tetap harus kamu lakukan. Selain itu, pastikan penjual juga memberikan garansi.

5. Pastikan Asal Muasal Barang

Terakhir, kamu harus memastikan dari mana smartphone tersebut berasal. Pastikan asal muasalnya jelas. Jika perlu cari penjual yang mampu menyediakan kelengkapan handphone tersebut, seperti kotak, nota pembelian, charger, dan headset. Pastikan Anda tidak membeli barang curian.

Beli handphone jangan hanya sekadar gengsi, tapi juga pastikan sesuai kebutuhan dan keuangan. Membeli handphone baru Vivo Y91C dapat dilakukan jika budget memungkinkan. Apabila tidak, dapat mencari yang second tapi masih dalam keadaan bagus dan layak pakai.

Tags: