Tips Mengenakan Masker Kain Untuk Perlindungan Diri

Masker Kain
Masker kain ialah solusi terbaik yang digunakan sebagai perlindungan diri. APD berkualitas ini dianjurkan oleh pemerintah sebab bahan tersebut memberikan kenyaman serta proteksi pada penggunanya. Apalagi benda tersebut mudah ditemukan berbagai toko baik offline maupun online.

Tips Merawat Masker Kain Agar Berkualitas dan Efektif Melindungi
Agar masker kesayangan Anda tetap berkualitas melindungi diri dari bahayanya Corona, maka ada beberapa tips terbaik. Bila pelindung tersebut dirawat dengan baik, dijamin pengguna akan tetap aman serta nyaman. Berikut beberapa triknya:

1. Pemilihan Masker
Ketika ingin membeli masker berbahan kain, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya ialah pemilihan bahan. Usahakan membeli katun dibandingkan lainnya. Tipe ini berkualitas sebab mampu memberikan kenyamanan pada penggunanya.

Tak hanya itu, harganya pun relatif murah sehingga takkan membuat kantong Anda bolong. Apalagi tersedia berbagai model dan motif. Dijamin, keberadaan APD tersebut membuat pengguna masker terlindungi dari bahayanya Corona serta virus lainnya.

2. Ketika Pemakaian Masker
Sebelum mengenakan APD tersebut Anda harus memperhatikan kebersihan. Jangan lupa mencuci tangan hingga higienis kemudian baru boleh memakainya. Pastikan tali yang mengikat cukup erat sehingga tak ada celah tersisa sebab ini akan mengundang udara kotor termasuk virus masuk.

Jangan pula mengikat atau menggunakan masker terlalu ketat karena ini bisa membuat pemakainya sesak nafas atau kehabisan udara. Bila ingin membetulkan APD tersebut, pastikan keadaannya cukup bersih. Sering-seringlah mencuci tangan agar tidak terkontaminasi kuman maupun virus.

3. Setelah Pemakaian Masker
Usai mengenakan masker kain, Anda diwajibkan segera melepasnya dan meletakkannya di tempat khusus. APD yang telah dikenakan tidak direkomendasikan digunakan kembali terutama jika telah dipakai keluar rumah. Pengguna dapat memakainya lagi setelah dicuci.

Bila belum memiliki waktu guna mencucinya, maka tempatkanlah di tempat tersembunyi. Akan lebih baik jika masker tersebut langsung direndam agar kuman-kumannya lekas mati. Ingatlah untuk melakukan ini supaya Anda tetap aman dari virus.

4. Perawatan Masker
Perawatan masker dapat dilakukan dengan 2 cara yakni pembersihan dari kuman atau pencucian serta penyimpanan. Agar bahan tersebut tetap berkualitas, simpan di tempat khusus yang kering. Jangan meletakannya pada area lembab sebab kualitasnya jadi kurang baik bahkan berpotensi berjamur.

Saat pencucian masker, gunakan air serta deterjen. Kuceklah hingga kuman mampu terangkat dari bahan tersebut. Jika Anda tak sengaja berkomunikasi dengan penderitanya, maka disarankan langsung mencucinya memakai air panas. Ini mampu mematikan virus yang mungkin menempel.

Itulah beberapa tips saat mengenakan masker kain. Cara ini ampuh apabila Anda tetap mengikuti protokol kesehatan. Agar APD tersebut awet, jangan lupa mencuci dan menyimpannya di tempat aman sehingga kualitasnya tetap terjaga.

Tags: